Interaksi Sosial (tugas1_SosialDasar_KartikaWahyuni_53411913)

Manusia dalam hidup bermasyarakat, akan saling berhubungan dan saling membutuhkan satu sama lain. Kebutuhan itulah yang dapat menimbulkan suatu proses interaksi sosial.


A.Definisi       
          Interaksi Sosial adalah hubungan timbal balik dan respon individu antar induvidu atau kelompok, secara langsung maupun tidak langsung dalam lingkungan hidup atau bermasyarakat.

B.Jenis-jenis Interaksi Sosial

  • v  Interaksi sosial antar individu dan individu

Contohnya :
-bersifat positif     : Saya berbagi kisah duka saya kepada teman saya dan ia memberiakan solusi yang membuat masalah saya sedikit terselsaikan.
-bersifat negatif    : Permusuhan atau konfilik dalam pertemanan, keluarga dll.

  • v  Interaksi sosial antar individu dengan kelompok

Contohnya :
-bersifat positif     : Dalam mengerjakan tugas sebuah makalah atau membuat artikel ketika kita menpresentasikanya di depan kelas .
-bersifat negatif    : Ketika dalam suatu kelompok belajar ada yang memaksakan kehendak pribadi dari pada kepentingan bersama.

  • v  Interaksi sosial antar kelompok dengan kelompok

Karna interaksi kelompok dengan kelompok itu menurut saya pribadi merupakan keputusan bersama-sama maka dampak positif dan negatifnya di tangung bersama.
Contohnya : kerja sama antara perusahan saya dengan dia atau perusahan A dengan perusahan B.


Interaksi sosial bukan hanya antar individu dengan individu, kelompok dengan individu, dan kelompok dengan kelompok, melainkan interaksi juga dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Apa lagi jaman makin maju, kita dapat berkomunikasi melalui telpon gengam atau e-mail.


C.Syarat-syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Interaksi sosial dapat terjadi melalui syarat-syarat seperti :

·         Kontak sosial

Adalah hubungan antara satu pihak dengan pihak lain yang merupakan awal terjadinya interaksi sosial, dan masing - masing pihak saling bereaksi antara satu dengan yang lain meski tidak harus bersentuhan secara fisik.

·         Komunikasi

Artinya berhubungan atau bergaul dengan orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

  © NOME DO SEU BLOG

Design by Emporium Digital